[Resensi Novel] Song of the Wind (by Aiu Ahra)

Book Review

Aiu Ahra’s
Song of the Wind

Song-of-the-Wind

Sinopsis Buku:
Cannon Hill Park, Birmingham. Kali Pertama aku bertemu dengannya.
El Kim. Cowok Korea satu ini kaku, nggak banyak bicara, dan dingin. Tapi, entah kenapa, ada sesuatu di dalam dirinya yang menarikku untuk mendekat. Mungkin karena latar belakang yang sama, tentang masa lalu kami.
Aku terus berusaha mendekatinya, meski dia tak menghiraukanku. Meski orang-orang menganggapnya aneh. Aku yakin, El nggak seperti yang mereka pikirkan. Jujur saja, aku kebingungan saat Julian, sahabat baikku, sangat membencinya. Seperti ada dendam yang belum terbalaskan. Kejadian sebelum aku mengenal mereka mungkin.
Aku merasa harus menyelesaikan masalah yang disembunyikan Julian dan El. Sebelum segalanya terlambat.


Judul
Song of the Wind
Penulis
Aiu Ahra
Penerbit
Bentang Belia (Bentang Pustaka)
Tebal
250 hlm
Harga
Rp39.000
Rilis
2013
ISBN
9786027975163

By :
♔  Chelsea ♔

Starring :
INFINITE Kim Myungsoo

Disclaimer :
Riview ini saya lakukan secara independen. Bukunya dibeli sendiri dan tak ada dorongan dari pihak manapun.

Udah lama pengen nulis review novel ini, bahkan pernah bilang sama authornya. Kesan sebelum (bahkan sesudah baca) saya mengira Aiu Ahra seorang Inspirit. Ketika saya tengok akun FB dan blog, ternyata bukan ^_^ dan maaf saya belum sempat baca apapun di blog selain sekilas nama cast FFnya *lain kali saya baca*
Dibandingkan review atau resensi, saya mungkin cenderung analisis berdasarkan unsur intrinsik prosa dan karakteriskik teks narasi.  Langsung aja (

Based on Intrinsic Elements
Teaser
Pertama tahu novel ini dari Twitter Bentang Pustaka. Admin Bentang mencantumkan link teaser dan di sana ditulis : Infinite L. As an Inspirit, saya penasaran dong dan langsung buka teaseranya di sini.

LINK

Ada adegan dari CF Myungsoo dan penggalan MV Kim Sunggyu 60 Seconds. Terus fanbase Inspirit INA merekomendasikan novel ini. CS Unni pertama baca dan saya tertarik buat gebet.
Theme
Tema umum romance, I love romance alot. Sub-theme berupa family dan university life.
Skor : ★★★★ of 5 buat konsistensi tema.
Characters and Characteristics

  1. El Kim : Kalau pernah nonton Shut Up Flower Boyband, begitulah karakter visual Infinite itu dalam novel ini. Dingin, irit senyum, irit bicara. Jangan harap melihat  L aka Myungsoo asli yang tengil, moody, dan agak centil. Saya suka cara author mendeskripsikan karakter El di sini. Kuat dan konsisten.
  2. Aleyna : Mahasiswa asal Indonesia. Periang dan supel. Tapi di balik semua itu, dia menyembunyikan kisah pilu yang ditutupi karakternya.
  3. Julian : Teman sekelas Aleyna yang sangat membenci El

Skor : ★★★★ of 5 buat karakter terutama buat L
Plot
Author menampilkan plot/author campuran, maju-mundur. Perpaduan alur ini tidak membingungkan dan nyaman dibaca.
Dari awal sampai akhir, cerita disajikan rapi dan enak dibaca. Author punya KONSISTENSI yang sering diabaikan beberapa penulis muda. Mulai dari tema, karakter sampai konflik, semua konsisten, tidak seperti sinetron kejar tayang yang skripnya bisa mendadak ditambah dan dikurangi. Porsi dialog dan deskripsi juga cukup. Deskripsi latar dan kejadian pas banget, tidak too much. (Pernah banget baca sebuah novel, ada deskripsi sehalaman penuh, annoying)
Skor : ★★★★★ of 5 buat deskripsi narasi

Settings
Ini nih unsur penting yang bikin novel ini recomended. Well, saya bagi tiga part settings. Here they are:
1. Setting of Place ★★★★★ 0f 5
Birmingham, Inggris  90 %
Seoul, Korea Selatan 10 %
Siapapun yang membaca novel ini, pasti setuju kalau pembaca serasa ada di tempat adegan berlangsung. Bahkan gambaran cuaca pun membuat pembaca membayangkan suhu dan keadaan lingkungan maupun tokoh yang mengalami.
2. Setting of time ★★★★ 0f 5 (kurang dalam penulisan waktu terutama tahun)
Winter at Birmingham 90 %. Sisanya flash back.
3. Social Settings ★★ of 5
Bagian dari setting ini  meliputi masyarakat dan budaya di tempat cerita berlangsung. Agak menyayangkan poin ini padahal keselurhan cerita sangat bagus. Kehidupan masyarakat, dalam hal ini tentang mahasiswa Inggris kurang diekspos. Maksudnya, saya pribadi tidak menemukan ciri khusus dari kehidupan Inggris. Bahasa juga sangat minim. Sebenarnya bagian ini bisa diabaikan dan esensi cerita tetap dapat. Hanya saja saya pribadi terlalu berharap menemukan nuansa British di sini. Abaikan
Messages
Novel ini bukan junk food. Bukan juga novel kosong. Author menyisipkan pesan-pesan, unsur penting dalam sebuah prosa.  Banyak hal yang dapat dijadikan pembelajaran buat pembaca, tergantung dari mana kita membahas. Tentang hal ini, saya tidak mau menjelaskan detail. Lebih baik membacanya sendiri 😉

Based on Characteristics of Narrative Text
   Introduction
Prolog dan bab awal cerita memberikan pengenalan yang disajikan baik. Karakteristik tokoh cukup jelas.
    Conflict
Author menyajikan multikonflik, konflik antar tokoh dan konfik batin si tokoh. Alyena memulai konflik saat diminta mencari lagu untuk hadiah pernikahan dosennya. Konfik El diawali dengan hilangnya sebuah iPod.
    Climax
Puncak konflik jelas terjadi menjelang ending. Di sini, kedua tokoh utama dihadapkan pada masalah antara mereka dan juga konflik dengan pribadinya yang mencapai puncak.
    Resolution/Ending
Song of the Wind punya ending baik (Note : good ending doesn’t mean sad) Bahkan sangat jelas bagaimana nasib si tokoh utama meskipun ending itu adalah awal lain bagi mereka.

Conclusion

Kalau dirata-ratakan berapa ya skor semua? Singkat kata, ini recomeded banget dan saya pasti baca novel Aiu sebelum ini. Saya suka gaya bahasa dan penyajian cerita. Aiu sangat konsisten dan seperti CS Unni bilang, settingnya bikin merinding. Entah itu efek musim dingin sampai terasa atau karena bisa melihat setting. CS Unni bilang, apakah Aiu pernah ke Birmingham?
Pokoknya very recomended buat siapapun yang hobi baca fiksi. Saya tidak tergolong kolektor novel. Hanya pernah baca dan beli beberapa. Untuk novel modern lokal, saya menempatkan Aiu Ahra sebagai author favorit #2.
Total skor  ★: 4,5 dari 5

Plus :
Reasonable price
Konsistensi semua unsur cerita
Setting dan karakteristik wow banget
Minus :
Social settings

5 thoughts on “[Resensi Novel] Song of the Wind (by Aiu Ahra)

  1. Annyeong CS unni di sini. I have nothing to say. Biasanya saya malas beli novel berbasis ff. Tapi keputusan membeli novel Aiu adalah keputusan yang baik. Saya dibuat menggigil oleh dinginnya musim di Inggris. Juga beku oleh tatapan El Kim.

Leave a Reply

